Home » » Curhat Pramuka

Curhat Pramuka


Awak hari ini mau "curhat" ama Blih Sonny Prima Sanjaya , appara Abdi Matondang , Bangda Mbah Dempul , dan rekan rekan Pembina, Pelatih dan Penggiat Pramuka.
Soal nya ketika Rakernas, yang dibuka oleh wakil presiden RI, Bapak JK, "menyindir" Gerakan Pramuka, "Sekarang kalau tidak masuk APBD, marah. Pramuka kerjanya jangan kirim kirim proposal saja ", tukas JK saat memberikan sambutan pada acara Rakernas, Sabtu 8 November 2014 di Jakarta.
Dengan kebiasaan itu, JK mengatakan Gerakan Pramuka di anggap sebagai Organisasi Pemerintah, Padahal Pramuka seharusnya sebagai organisasi yang mandiri. "Itu bkn jiwa Pramuka kalau mau buat gedung, jangan apa apa dikerjai kontraktor, Pemda, itu birokrasi namanya. Kalau mau ikut serta dong, Pramuka itu kerja keras ", ucap JK.
JK membanding kan Pramuka dengan Palang Merah Indonesia (PMI), JK menyebutkan dengan bantuan Pemerintah yang hanya 2 Milyar pertahun, PMI berhasil memiliki fasilitas untuk kegiatan evakuasi.
"Itu dibantu juga dengan CSR, perusahaan, jadi jual lah kegiatan, jangan jual nama nanti mereka pasti mau bantu ungkap ketua PMI ini.
JK menyindir habis habisan Gerakan Pramuka yang dinilainya lepas dari makna awal nya tentang kecintaan alam, solidaritas dan kerja keras. JK menganggap Gerakan Pramuka sekarang sudah lebih hanya berupa simbol yang tak lagi dimengerti generasi muda maknanya. "Saya lihat cucu saya pakai baju pramuka dihari tertentu. tapi gak tahu apa apa. Katanya mau camping tapi rantang disiapkan ibunya.Camping nya di sekolah pula. Itu sih piknik,..., mana nilai kemandiriannya, alam nya, ungkap JK. Ingat bangun lah jiwa nya bangun lah raga nya. Bukan berilah bajunya, pakai lah baju nya, sindir JK.
JK menyebutkan seragam pramuka ditujukan untuk mendekatkan siswa kepada alam. Misalnya topi bundar besar, dan juga kacu dibagian leher. Akan tetepai saya (JK) melihat sekarang seragam pramuka pun berubah bentuk. "Sekarang pakai songkok, itu mau ke mesjid apa mau ke alam ??? kalau pakai begitu gak siap panas panasan padahal inti pramuka adalah mempersiap anak kita untuk kuat dan bisa menghadapi situasi apa pun" papar JK.
"Jadi yang terpenting adalah bukan berapa banyak pakai seragam. Itu zaman Orde Baru. Sekarang harus diubah pemikiran nya ", kata JK.
(Seperti yang dikutip dari sebuah Harian terbitan Medan,Senin 10/11/2014).

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog